gua mau nge post tips SDN nih langsung simak coy :D
bahan yang diperlukan : 2Priest, 2Paladin, 2WR, 2DPS
STAGE 1 RULE :
Main tank maju provoke stiap momon keluar
Sisanya ambil canon dan usahakan tidak pernah maju
Pada wave 4 yaitu ketika monster seperti babi membawa canon keluar priest-1 maju dan mengeluarkan miracle relic didekat main tank + bind relic dan mundur kembali mengambil canon
Pada wave 4 sub tank maju dan bersiap membantu main tank ketika agro lepas
Pada wave 5 priest-2 maju dan mengeluarkan miracle relic di dekat main tank dan mundur kembali mengambil canon
habis tuh tarik nafas karena stage 1 udah lewat :)
STAGE 2 RULE:
Stage 2ada 2 macam mode. 1)Poison.
2)Colour rock
Poison :
disini kita lgsg mepet terus ke arah tembok.
setelah momon bunga kluar merc/pala buka jalan, cabutin tuh bunga smp k akar pelan" (terus mepet tembok biar ge kesedot jatuh k lobang)
kalau ada org yg kecemplung ke lobang,lgsg TERIAK biar ditolong temen yg lain,dengan carateken 2 batu di kanan dan kiri lobang (PERHATIKAN BAGI SEMUA MEMBER) .dan yg jatuh jgn diem aja, use anything skill.klo ga bs lgsg mate., SEPERTINYA HL tidak berpengaruh
klo bos da spawn, lgsg hajar dah.
JADI KETIKA ADA TEMEN PARTY JATUH KE LUBANG BLACK hole , gunakan tombol "F6" danHAL YANG SERING DI LAKUKAN PLAYER SOK , MEREKA LANGSUNG MAJU ASAL HAJAR MUSUH KETIKA NONGOL DI STAGE INI, SENTIL AJA THU PLAYER!!sedikit gambaran tentang stage 2 lajur black hole https://www.youtube.com/watch?v=J5J0RdFCjmI
Colour Rock :
disini ada 4 buah batu (Red,White,Blue,Green),yg gunanya buat di klik sesuai urutan momon spawn.White=Skeleton, Red=Gargoyle,Green=Zombie,Blue=monster terahir lp q.
kemudian party harus tekan tuh batu secara berurutan.Ex: White, Red, Green and Blue (W>R>G>B).di sini ketua party berperan penting untuk ksh info batu mn yg d pencet.
mk dari itu klo bisa 1org jaga 1batu,buat teken. klo misal udah teken lgsg ngomong,yg belom teken liat batu yg mu di teken,klo batu uda naik baru teken batu yg jadi tugasmu.
ada 3macam debuff di sini. *)First debuff: CD skill jadi lama +10%. *)Second debuff: Damage/Attack -50%. *)Third debuff : FRIENDLY FIRE, jangan gunain skill yg sifatnya damager,cz bisa kena teman 1party.gunain aja skill buat deff/action speed,ckp hindari aja serangan momon smp buff ini ilang.klo udah ilang br hajar
NB: sdkit tipS, HAJAR SMUA G PEDULIIN BATU,cm slalu waspada klo kn debuff terutama FRIENDLY FIRE
menurut pengalaman sih, gag usah ribet ngurutin klik2 batu ny, asal hajar aja dan KETIKA SAMPAI WAVE 3, PLAYER HATI2 KETIKA ADA BLOOD SHIELD (NANTI ANDA TAU SENDIRI BENTUKNYA SEPERTI APA) SEMUA BERHENTI MENYERANG, DAN JANGAN USIL LAKUIN NYERANG KARENA AKAN FATAL JIKA SOK IDE , char damager berlindung (ngikutin priest jadi priest melindungi player damager , sedangkan pally provoke dan gunakan skill reduce damage yang ada) dan jangan menyerang, ketika blood shield selesai silahkan HANCURKAN MOMON
STAGE 3
-Setiap 40 detik sekali, akan ada cairan lahar panas memenuhi area ini.
-Kapten bertugas untuk menghitung detik demi detik.
-Lakukan perhitungan ketika Area-3 dimulai.
-Pada detik ke-30, Kapten harus memerintahkan seluruh party untuk naik ke atas 8 platform yang tersedia dan cast skill provoke.
-Akan ada hitungan mundur 5 detik sebelum lahar panas mengalir.
-Satu player satu platform.
-Apabila ada platform yang dinaiki lebih dari satu player atau ada player yang telat naik platform tepat ketika lahar panas mengalir............. SEMUA PLAYER MATI!!! FATAL!!!
-Untuk mempermudah pembagian platform kepada masing-masing anggota, lakukan briefing ketika area-2 selesai.
-Platform yang jumlahnya 8 terbagi ke 8 arah mata angin. Bagilah masing-masing anggota menurut arah tersebut. Contoh: Kapten-Utara, Mercenary-Timur, Acrobat-Timur Laut, dan seterusnya...... (Jangan katakan Anda tidak tahu nama-nama 8 arah mata angin >.< kembali ke kelas 5 SD)
-Kapten: Ubahlah settingan makro pada tombol F7 menjadi "Naik Platform" untuk mempermudah memberikan perintah pada detik ke-30. Dengan menekan satu tombol (F7), maka perintah sudah tercetak di chat box.
-Khusus Paladin: Jangan gunakan skill Stance of Faith, karena ketika Anda menekan tombol spasi untuk melompat ke atas platform.... >.< tau sendirilah... Paladin tidak bisa lompat ketika Stance of Faith aktif.
-Konsentrasi menentukan kesuksesan pada Area-3 ini.
-Ketika berada di atas platform (sebelum lahar mengalir), Lava Golem mungkin akan mendekati Anda dan memukul Anda mundur, jatuh dari platform. Segeralah kembali ke atas platform. Ketika lahar sudah mengalir, Lava Golem tidak akan memukul Anda lagi.
-Untuk class cleric-based, ada baiknya untuk mengaktifkan skill Block setelah berada di atas platform sebelum lahar mengalir.
Serangan Lava Golem akan berganti sesuai dengan HP barnya.
2x HP bar:
-Lava Golem akan menyeruduk ke arah player. Serudukannya bukan serudukan garis lurus seperti golem goblok yang ada di Apocalypse Nest. Serudukan Lava Golem ini akan mengikuti targetnya. Apabila Anda menjadi target serudukannya, berlarilah ke arah platform dan lompat ke belakang platform agar serudukannya mandek/macet di depan platform.
-Ketika Lava Golem mandek/macet, segeralah spam skill-skill Anda, berikan DPS sebisa mungkin. Waktunya untuk mengeluarkan skill Ultimate!!!
1x HP:
-Lava Golem bisa cast Ignite. Skill Ignite akan langsung mencabut nyawa player yang terkena status burn (terbakar).
-Player yang terkena status burn (selain Priest) diharapkan agar segera mendatangi Priest untuk minta cure secepatnya. Pada saat briefing Area-2, ubah setting makro manual pada tombol F8 kalian semua dengan "Panas!!!" Agar Priestnya ngerti bahwa Anda sedang terbakar (burned). Wakakakak. Secepatnya dekati Priest dan tekan tombol F8.
-Dua orang Priest yang ada agar cast cure relic secara bergantian. Siapa yang terlebih dahulu? Tentukan ketika briefing pada Area-2.
-Skill Ignite tidak dapat ditahan dengan skill defensive apapun (termasuk Block, Divine Avatar, Stance of Faith, dll....)
PENTING!!!
-Diharapkan kepada Force Ucer dan Acrobat untuk tidak membuang-buang skill Fast Forward dan Spirit Boost. Cast skill tersebut untuk mempercepat cooldown skill Cure Relic dari Priest.
-Segeralah turun dari atas platform ketika ada notice/pengumuman lahar sudah hilang. Lava Golem akan cast skill mirip Fire Ball ketika lahar sudah hilang.
-0.5 detik - 1 detik setelah notice/pengumuman lahar sudah hilang, segeralah melompat turun. Walaupun kelihatan lahar masih ada ketika notice/pengumuman lahar sudah hilang, player dapat turun dengan aman.
-Fire Ball akan menimbulkan efek burn.
-Hindari sebisa mungkin skill-skill Lava Golem yang berelement api.
-Apabila Anda yakin tidak cukup waktu lagi untuk naik ke atas platform. Tinggalkan Party (Leave Party) untuk mencegah matinya seluruh anggota party. Tentu saja hal ini sungguh teramat sangat tidak dianjurkan.
-Serangan magic tipe es akan sangat kuat untuk Lava Golem. Magic tipe api tidak ada efek.
Komunikasi dan team-work sangatlah diutamakan. Bukalah peti yang muncul setelah Area-3 selesai.
Ketika Area-3 selesai, istirahatlah sejenak. Rileks... Renggangkan jari-jemari dan pinggang Anda. Lakukan kembali briefing sebelum masuk menuju Area-4.
STAGE RULE 4
Pada awal Area-4, akan ada dua pilihan jalur/jalan. Kiri dan kanan. Tidak masalah mau pilih yang mana, lawannya tetap Dark Cerberus. Saran saya, pilih yang kanan (karena party saya selalu begitu >.<). Sedikit membingungkan, jalur kanan pada monitor Anda adalah jalur kiri pada mini-map/radar. Ikuti saja jalur sesuai dengan yang terlihat di monitor.
-Sesudah memilih jalur, Kapten tinggal di belakang menunggu Dark Cerberus. Anggota lainnya segera maju sampai ujung.
-Akan ada 2 lingkaran berwarna ungu di sini.
-Cegah dan bunuh secepatnya Spectre (hitam) yang spawn agar tidak masuk ke dalam lingkaran ungu tersebut, karena apabila monster itu berhasil masuk... Akan ada area ledakan yang bisa one-hit-kill.
-Utamakan untuk menghabisi Spectre terlebih dahulu, kemudian Dark Cerberus.
-Kapten bertugas untuk Provoke ke Dark Cerberus dan membawanya ke sudut dinding.
-Player lain (selain kapten) disarankan untuk tidak frontal face-to-face dengan Dark Cerberus.
-Kapten cast Provoke tanpa henti (cast terus begitu cooldown selesai)
-Apabila HP bar Dark Cerberus sudah mencapai 2x HP, disarankan kepada Mercenary untuk cast skill Lifesaver dikarenakan serangan-serangan Dark Cerberus saat 2x HP bar sangat berbahaya. Akan ada serangan Gravity Ball (sama seperti Cerberus Nest) yang sangat menyakitkan.
-Gunakan skill Fast Forward (Force User) dan Spirit Boost (Acrobat) pada saat 2x HP bar.
-Healer boleh menyerang hanya ketika HP seluruh anggota full. Perhatikan HP bar seluruh anggota dengan seksama.
Setelah Dark Cerberus keok. Lakukan briefing untuk Area-5. Akan ada 2 jenis stage pada Area-5.
Stage Rule area 5:
Jenis stage yang akan dihadapi bersifat RANDOM. Ke-2 jenis tersebut adalah:
1.Dancing Minotaur
2.Trio Lizard Brothers
3.Saya akan mulai dengan Dancing Minotaur.
-Akan ada area lingkaran yang cukup besar mengelilingi Minotaur.
-Jangan menginjak area lingkaran tersebut. Apabila terinjak, akan ada serbuan 3 Minotaur kecil (seperti yang suka nabrak di Minotaur Nest). Semua player akan diserbu.
-Hindari serbuan Minotaur kecil ini. Jangan menghindar ke arah player lain, karena akan ada kemungkinan tertabrak Minotaur kecil yang juga mengarah ke player tersebut.
-Jika jarak kamu cukup jauh dari Minotaur Boss (Dancing Minotaur), maka akan sangat mudah untuk menghindarinya. Minotaur kecil disummon dari arah Boss.
-Untuk meruntuhkan barrier pelindung dari Boss, hancurkan semua 6 pilar yang ada pada area ini.
-Ketika menghancurkan pilar, akan ada Minotaur kecil (hitam dan putih) spawn pada waktu-waktu tertentu. Hiraukan saja sambil sesekali hit dengan skill area sambil tetap fokus menghancurkan pilar.
-Jangan menghancurkan pilar secara terpisah/pencar. berpencarlah hanya ketika ada seseorang yang menginjak lingkaran area Boss untuk menghindari serbuan Minotaur kecil.
-Ketika semua pilar berhasil dihancurkan, barrier pelindung Boss akan hilang dan Boss akan lebih banyak diam di posisinya sekarang.
-Jika masih ada sisa Minotaur kecil (hitam dan putih) area ini, bersihkan.
-Setelah bersih dan hanya tersisa Boss, menjauhlah dari Boss. Buff dan tunggu semua skill selesai cooldown.
Setelah memastikan seluruh anggota benar-benar siap, berikut ini strategi pertempurannya:
-Pada tahap ini, Boss akan men-summon serbuan Minotaur kecil apabila ada player yang mendekat. Hal ini akan terus dilakukan sampai kira-kira 4x HP bar Boss.
-Paladin, Priest dan Mercenary diharapkan maju terlebih dahulu. Sisanya menunggu di kejauhan.
-Sebisa mungkin segera habiskan 5x HP bar Boss menjadi 4x HP bar.
-Kapten tetap Provoke dan face-to-face dengan Boss. Anggota lain menyerang dari belakang. Berhati-hatilah dengan serbuan Minotaur kecil ketika mendekati Boss untuk pertama kali.
-Ketika HP Boss sudah pada tahap 3x HP bar, bersiap-siaplah untuk menerima tantangan dance.
-Formasi masih sama seperti tadi, Kapten tetap di depan bersama cleric-cleric lainnya.
-Empat player akan terpilih secara RANDOM untuk menghadapi tantangan dance. Setiap 20 detik - 25 detik akan ada tantangan dance.
-Player yang mendapat tantangan dance secara otomatis akan nge-dance dan menerima damage sekitar 10,000 - 15,000 damage per hit dari Minotaur kecil yang berwarna hitam (putih tidak begitu sakit).
-Healer segera melakukan tugasnya ketika tantangan dance selesai. Force User gunakan skill Time Stop dan Fast Forward dikombinasikan dengan skill Spirit Boost milik Acrobat.
-Segera lakukan serangan kepada Boss ketika tantangan dance selesai, karena 10 detik - 12 detik setelah itu akan ada tantangan dance berikutnya.
-Ketika HP Boss sudah mencapai 1x HP bar, serangan Minotaur kecil (serbuan) akan keluar secara RANDOM. Tantangan dance tetap ada.
-Pada tahap ini, Raid Party harus extra sabar. Jangan sembrono maju untuk melakukan serangan. Tunggu skill Livesaver selesai cooldown (akan sangat cepat cooldwonnya karena dibantu Fast Forward dan Spirit Boost) barulah maju untuk menyerang.
-Priest tetap fokus memperhatikan HP anggota lainnya.
-Kapten tetap Provoke. Lanjutkan serangan sampai Area-5 ini selesai.
Trio Lizard Brothers.
Akan ada 3 jenis Lizard (kadal) di sini:
Lightning Lizard
Metal Lizard
Ice Lizard
Strateginya cukup sederhana:
-Bunuh ke-3 Lizard itu dalam waktu tidak lebih dari 10 detik setelah Lizard pertama mati, kalau gagal... Lizard yang mati akan respawn.
-Akan ada satu Lizard paling kuat (RANDOM) dari ke-3 Lizard itu.
-Komunikasi untuk menunggu dan menahan serangan sangat penting di area ini.
-Segera habiskan HP ke-3 Lizard itu sampai tertahan pada 0.5x HP bar atau di bawahnya.
-Provoke dan kumpulkan pada satu area untuk dihabisi sekaligus.
-Pada waktu-waktu tertentu, ke-3 Lizard akan masuk ke dalam tanah. Segera rebuff, heal, dll...
-Ketika muncul ke permukaan, posisi ke-3nya tersebar (walaupun sebelumnya sudah dikumpulkan).
-Kapten segera Provoke lagi dan lagi.
-Ada kemungkinan ke-3 Lizard cast skill terkuat mereka beberapa detik setelah muncul ke permukaan. Jaga jarak aman.
-Ketika ke-3 Lizard dalam status berserk, Mercenary segera debuff dengan terikannya.
-Mercenary sangat disarankan untuk menarik ke-3 Lizard dengan Axe Tornado ketika HP bar ke-3nya sudah 0.5x HP bar. Bantu dengan skill ultimate lainnya.
-Kuncinya adalah bersabar dan memanfaatkan dengan baik momen ke-3 Lizard berkumpul bersama. Habisi sekaligus.
Setelah Area-5 selesai. Briefing. Istirahat sejenak. Selamat, Anda hampir menuju tahap akhir SDN
Stage rule 6:
Ketika pertama kali memasuki area-6, Golem Mountan (selanjutnya disebut "Boss") akan spawn. Kesabaran adalah strategi utama di area-6 ini.
Hal yang wajib dilakukan Kapten pertama kali adalah Provoke dan membawa Boss sendirian kepadanya ke atas gundukan tanah di sisi map. Provoke tidak boleh putus.
-Tujuh anggota lainnya tetap di belakang. Bersabar menunggu.
-Tunggu selama 6 menit. Bersabar. Jaga jarak.
-Pada menit ke-6, Boss akan cast berserk (Boss berwarna merah). Mercenary segera debuff dengan teriakannya.
-Setelah debuff (Boss tidak lagi berwarna merah), saatnya melancarkan serangan habis-habisan.
-Setelah HP Boss sekitar 4x HP bar, akan ada skill lingkaran racun.
-Player yang menjadi target lingkaran racun tidak akan menerima damage apapun, tetapi siapapun yang masuk ke dalam area lingkaran racun itu akan menerima damage sekitar 25,000/detik.
-Lingkaran racun selalu mengincar player yang menjadi pusat perhatian. Biasanya Kapten yang selalu cast Provoke.
-Dikarenakan Kapten face to face sendirian dengan Boss, maka Kapten tidak menerima damage begitu juga anggota lainnya yang ada di luar area lingkaran racun.
-Sesaat sebelum HP Boss berganti dari 4x menjadi 3x HP bar, akan ada kabut racun yang akan dicast. Kabut racun akan selalu dicast setiap kali Boss kehilangan 1 bar HPnya.
-Akan ada notice/pengumuman sebelum kabut racun dicast. Ketika membaca notice/pengumuman tersebut, Kapten harus bergeser ke salah satu sudut gundukan tanah tempat dia menahan Boss dengan provoke sejak tadi sedangkan anggota lainnya juga menuju sudut yang lain (jangan menuju sudut yang sama dengan Kapten, karena Kapten akan menjadi target lingkaran racun sewaktu-waktu).
-Siapkan Cure Relic dan Miracle Relic di atas gundukan tanah secara bergantian (Priest mana yang duluan, tentukan pada saat Briefing).
-Ketika kabut racun sudah memudar di bawah, semua anggota (kecuali Kapten) boleh kembali turun.
-Akan ada saat di mana Boss men-summon "bunga pemakan manusia". Pada saat summon dilakukan, Tanker cadangan (bukan Kapten) segera cast Provoke untuk mengambil alih perhatian bunga itu, karena akan ada kemungkinan bunga itu mengincar dan mengganggu Kapten. Gangguan bunga dapat menyebabkan Kapten gagal cast Provoke dan mengakibatkan Boss tidak lagi mengincarnya sehingga lingkaran racun dapat dicast pada player lain (ini akan sangat fatal).
-Ketika Tanker cadangan cast Provoke ke arah bunga, pastikan di arah tersebut tidak ada Boss. Posisikan diri sebaik mungkin (sebisa mungkin membelakangi Boss ketika Provoking bunga)
-Skill Paralyze Bolt dan Time Stop juga dapat menghentikan bunga. Sangat berguna.
-Selain bunga tadi, akan ada jeratan akar yang bisa sangat berbahaya apabila tidak lepas dalam 10 detik (sekitar 50,000 damage dalam 10 detik).
-Ketika HP Boss mencapai 3x HP bar, akan spawn Zombie Ghoul diikuti dengan masuknya Boss ke dalam tanah.
-Bersihkan Zombie Ghoul ketika Boss masih di dalam tanah.
-Penting untuk diingat, agar tidak menyerang Boss ketika baru keluar dari dalam tanah karena perhatian Boss sudah tidak lagi kepada Kapten.
-Kapten diwajibkan Provoke begitu Boss sudah kembali keluar dari dalam tanah.
-Setelah Provoke, silahkan hajar.
-Kapten akan terus berada di atas gundukan tanah sepanjang waktu.
-Apabila dalam keadaan darurat, penting bagi Mercenary untuk cast Livesaver ataupun Miracle Relicnya Priest.
-Terus jalankan strategi di atas sampai HP Boss mencapai 1x.
-Pada 1x HP bar, sesekali Boss akan melompat ke udara dan mendarat dengan pukulan yang menggetarkan tanah. Damage sekitar 10,000 - 15,000. Hindari dengan melompat sesaat sebelum pukulan mendarat.
-Lanjutkan menyerang Boss ketika keadaan memungkinkan. Lanjutkan terus sampai Area-6 selesai.
Stage Rule 7:
disini gua bakal ngasih loe skill listnya si naga, cekidot :
- Claw attack, skill mencakar biasa ( fisik ) biasanya dikombo dengan sapuan cakar.
- Ice Claw, skill mencakar dengan bumbu bola es di tangan ( fisik+magic ). Target yang terkena skill ini akan mengalami slow akibat efek es. Esnya akan mengejar member party yang lain. Kecepatan jalannya slow, tapi kalau kena ginian slownya minta ampuuun. Damage magic dan medium. Setelah skill ini keluar, aggro naga akan menjadi netral. Sehingga hitter/MT harap hati-hati.
- Dragon Peck, naga menggigit target langsung ke TKP. Tanda-tanda skill ini naga akan memundurkan kepalanya terlebih dahulu. Damage fisik dan semakin jauh target = semakin sakit damagenya.
- Dragon Breath, naga akan menyemburkan asap es. Skill ini menghilangkan semua buff positif dan tembus semua skill defense atau invulnerable. Skill yang masi bisa aktif ketika terkena dragon breath yaitu elemental aura ( paladin ) dan ice/fire shield ( EL ). Saran ane ga usa dipraktekin gan, mending dihindarin aja yaaaa~
- Tail attack, naga akan mengibaskan ekornya vertikal atau horizontal. Skill ini terjadi apabila MT lost aggro dan naga di hit dari belakang. Blink atau dodge bisa menghindari damage skill ini. Type fisik dan high damage buat sorce/archer.
- Dragon Dive, naga akan terbang dan mundur ke belakang. Setelah itu akan melakukan dragon breath lurus ke depan sampai ujung map secara cepat. Menghindarinya cukup lari ke samping, jangan 1 garis lurus dengan kepala+ekor naganya.
- Rotating Dragon Breath ( RDB ), naga akan membuat layar smua player blur dan akan membuat smua player slow selama 5 detik. Naga akan terbang rendah dan melakukan dragon breath memutar sekitar 180~250 derajat. Jika naga terkena provoke paladin, maka dia akan fokuskan semua dragon breathnya ke paladin. Hampir mustahil bisa menahan skill ini secara telak tanpa dibantu havoc howl merce.
- Black Hole, naga akan summon black hole. Black hole terjadi karena ada player yang terlalu dekat dengan kepala naga. Black hole akan menyedot semua di sekitarnya, sekali masuk tidak akan bisa lepas. Damage black hole sekitar 240rb ++. Gunakan blink/dodge untuk menjauh dari area black hole. Black hole tidak bisa di block oleh skill apapun.
- Ice Age, naga akan mengepakkan sayapnya berkali kali ( tidak terbang ) menciptakan angin yang menghempaskan player menjauh dr naga dan membekukan 1 orang target yang memiliki aggro terbesar terhadap naga. Beku bersifat splash artinya apabila A dan B berdekatan dan A ditarget ice age, maka B akan ikut beku terkena splash ice age. Biasanya yang terkena ice age adalah main tanker ( MT ) atau hitter apabila aggro hilang. Pastikan anda mengetahui siapa hitter dalam team sehingga memudahkan dalam membebaskan ice age. Ice age dapat dibebaskan dengan skill tertentu, misalnya 1x gigantic bomb (ulti instant damage merce), 1x circle swing, 2x ring bomb, 1x firewall EL, dll. Apabila tidak dibebaskan dalam waktu 10 detik, maka target akan menerima damage 110rb.
- Needle, naga akan mensummon needle yang mentarget posisi terakhir player. Player yang memegang meriam tidak akan ditarget skill ini. Tanda keluarnya skill ini adalah naga akan mengeluarkan asap hitam di dada ketika terbang di phase 2. Menghindari skill ini cukup dengan melakukan pindah posisi/blink.
- Purple Rain, naga terbang dengan posisi tangan seperti memeluk "sesuatu" dan melolong panjang. Mensummon banyak sekali meteor berwarna ungu yang menarget posisi terakhir semua player di map. Cara menghindarnya cukup terus berjalan tanpa menabrak rute kawan atau menggunakan skill blok/invulnerable damage.
- Ice Flake, naga akan menembakkan bola es kepada target yang ditandai mata hitam ( black eye ). Player yang ditandai black eye tidak akan menerima damage ice flake yang menuju target, tetapi orang yang disekitarnya akan menerima damage. Safe zone target akan berbentuk lingkaran kecil di sekeliling target. Cara paling aman menghindari ini adalah overlapp ( menumpuk posisi ) dengan kawan terdekat atau menjauh sejauh-jauhnya. Damage magic, 1 hit KO sorce lvl 40.
- Frontal Breath, naga akan menyemburkan dragon breath dari arah jam 3 sampai arah jam 9 di sekitar naga ( arah semburan berlawanan arah jam ). Damage magic dan 1 hit KO bagi char cewe. Cara menghindarinya dengan berlari menuju arah jam 4 sampai jam 8 ( mengikuti arah jarum jam ).
- Black Eye Combo, skill combo naga ketika masuk phase 4 dan 5 yaitu 4x Ice Flake ---> Frontal Breath ---> Dragon Dive. Cara menghindarinya dengan mengikuti trik menghindari sesuai skill masing-masing.
- Side Breath, naga akan mengumpulkan asap hitam di mulutnya dan menghadap salah satu sisi sambil melepaskan dragon breath ke samping. Arah side breath dapat dianalogikan dengan arah jarum jam. Misal side breath kanan akan mendamage area jam 3 sampai jam 6. Side breath kiri akan mendamage jam 9 sampa jam 6. Side breath trigger apabila naga terkena damage selain dari depan ketika hilang aggro pada bar hp x6 ke bawah. Cara menghindarinya adalah hit dari ujung ekor atau blink menjauh dari naga ketika akan side breath ( buat yang PRO ). Terdapat daerah maximum dan minimum damage dari skill ini, namun skill ini 1 hit KO untuk char cewe dan kelas warrior.
- Ice Wave, naga akan mensummon 5 bongkahan es di langit. Apabila ada 1 es lolos, maka 1 map akan terkena damage. Satu hit KO bagi char cewe
nih cara lawannya
Phase (1)
Saat pertama kali menginjak phase ini, semua member harap lari ke kiri karena naga akan mengeluarkan dragon breath.
Gambar disamping menunjukkan safe zone terhadap dragon breath di kiri.
Setelah dragon breath selesai, segera maju dan hit naganya. Naga akan melakukan dragon breath 50 detik kemudian. Jadi, mendekati 50 detik priest pasang cure relic di tkp hit naga agar tidak ada yg slow saat kembali bersembunyi dari dragon breath.
Skill naga di phase ini adalah dragon breath, ice claw, claw attack, dan peck. Peck saat naga x19 satu hit KO bagi class cewe bila posisi char jauh dr naga. Disarankan kelas EL agar nge-hit pas di depan naga dengan shield ON. Sedang yang laen belajar dodge skill naganya. Video lengkap di youtube yang membahas phase ini bisa dilihat disini
Phase II
Pastikan Highlander(HL)/Lifesave ON dan MR on ketika akan memasuki phase ini dan siapa yang akan menempati meriam 1,3, dan 5 telah diputuskan. Ketika pertama kali masuk stage ini, ada 3 hal rutin yang dilakukan naga. Yaitu dragon dive/needle/ice flake. Agar lebih aman, setelah HL ON dan masuk portal phase 2, semua member lari ke arah kiri dan saling overlapp. Merce cast super armor dan priest cast miracle relic dekat posisi overlapp. Tunggu si naga selesaikan 3 hal rutin tersebut baru meriam diisi. Selain yang bertugas di meriam, pemain lain tinggal di field membentuk formasi dengan jarak aman ice flake. Kadang kala ada party yang mencoba main aman dengan menyuruh membernya yang tidak memegang meriam untuk dc, sehingga aman dari serangan needle. Needle kadangkala ketika menghantam target/tanah akan mensummon monster. Segera dibersihkan !!


Gambar disamping adalah posisi meriam 1,3, dan 5 (dari kiri ) yang diisi oleh player. Kenapa no 2 dan 4 dikosongkan? Untuk menghindari ice flake. Jarak antara meriam 1,3, dan 5 cukup jauh sehingga apabila salah satu ditarget ice flake, maka player lain tidak terkena efeknya juga. Cannon 2 dan 4 dipakai apabila player di cannon adalah orang yang berpengalaman.
Gambar disamping adalah posisi aman di kanan ketika menunggu naga turun ke tanah. Perhatikan tanda-tanda needle/ice flake. Lakukan penghindaran sesuai petunjuk di list skill.
Posisi aman di kiri ketika naga hendak turun.
Ice wave akan muncul setiap 90 detik sejak naga pertama kali masuk map ini. Cara membidik bongkahan es lihat gambar di kiri. Agak ke bawah cara membidiknya. Sama seperti stage 1, ada opsi klik kiri dan kanan bagi pemegang meriam.
Ketika HP naga x16,30 perintahkan kepada party untuk stop hit naga dan menunggu ice wave. Ketika semua bongkahan es telah hancur, player meriam 3 meninggalkan meriamnya dan menuju safe zone. Bar HP x16,25 lihat gambar kepala naga di bawah bar HP nya, hit terus naganya. Apabila gambar kepala naga sudah stop kedap-kedip warna merah, segera tinggalkan meriam! Meriam 1 blink ke kiri dan kabur ke kiri, meriam 5 blink ke kanan dan kabur ke arah pojokan kanan. Naga stop kedap kedip artinya akan melakukan dragon dive dengan arah meriam 1 sampi 5 dan ke belakangnya. Video tentang phase 2 dari sudut pandang pemegang meriam bisa dilihat disini, sedangkan untuk para player yang tidak memegang meriam bisa klik ini
Phase III ( x16,20 ~ x7,99 )
Pertama kali naga turun, kepala akan menghadap sebelah kanan. Tanker ambil posisi di bekas meriam 2. Jangan hit naga sampai posisi naga stabil menghadap arah bekas meriam.
Aturan utama bagi para hitter, selalu hit dari ekor kecuali anda tau apa yang anda lakukan.
Posisi aman dari dragon dive, disamping naga dan mengambil jarak yang cukup.
Tanda dimulainya RDB, yaitu layar mulai blur.
Skill naga di phase ini :
- Peck, Claw, Ice Claw, Tail attack ( keluar terus sampai naga mati ).
- RDB pertama x14,25 selanjutnya tiap 90 detik sekali.
- x9,25 RDB tiap 90 detik stop dan terjadi RDB. RDB selanjutnya adalah x7,25 dan terakhir x5,25.
- Purple rain sejak x8,99 sampai x4,99.
- Black Hole dari x13,25 sampai x5,99.
- Ice Age dari x13,25 sampai naga mati.
Video phase 3 bisa dilihat disini ( terima kasih kepada yang uda bikin video, meski bukan org indo o.O ).
Phase IV ( x7,99 ~ x4,99 )
Skill naga di phase ini :
- Black Eye Combo dari x7 sampai naga mati.
- Fake Black Eye Combo, dari x7,99 sampai x4,99. Tanda-tandanya yaitu awal-awalnya akan mensummon black eye dan player menduga akan ada Black eye combo, tetapi selang beberapa detik kemudian naga melolong dan mensummon purple rain ( Selalu berlatih membiasakan diri mencermati suara naga dan perilaku tangan naga ).
- Purple rain hingga phase selesai.
- Black Hole Hingga x5,99
- Side Breath x6,99 hingga selesai.
- Peck, Claw, Ice Claw, Tail attack.
- RDB saat x7,25 dan x5,25.
- Ice Age.
Video phase 4 bisa dilihat disini ( credit hormat buat pemilik videonya =D ).
Phase V (x4,99 until end )
Skill naga di phase ini :
- Black Eye Combo.
- Side Breath.
- Ice Age.
- Peck, Claw, Ice Claw, Tail attack.
Video last phase bisa dilihat disini
Main Tanker :
- Spam provoke secara bijak dan jangan sungkan bilang lost aggro.
- Gunakan Divine Avatar ( Ulti Phisik ) untuk memblok ice age effect.
- Gunakan summon dari special skill ( hound strike/summon apo tentacle ) untuk memblok ice age ( Garis lurus antara MT--summon/relic--kepala naga ).
- Lari ke pinggir apabila dragon dive.
- Segera ke tempat aman apabila frontal breath dalam black eyed combo dan segera kembali ke posisi setelah dive nya.
- Untuk memperkecil damage masuk akibat RDB, main tank biasanya akan menggunakan skill lari untuk mendekati naga. Pertimbangkan baik-baik karena akan men-trigger black hole.
- Blok/Avatar bila perlu untuk menahan purple rain, karena kalau MT nya ga kelayapan ga ngambil jatah jalur lari member lain.
Second Tanker :
- Armor break dan electric smite main tank apabila main tank beku terkena Ice Age.
- Bantu Heal.
- Jadi Main Tank kalau MTnya mati.
Mercenaries :
- Relieve + Taunting Howl + Havoc Howl ke Naga pas layar blur. Havocnya telat ( kaki naga sudah naik ke atas ) = MERCE FAIL. Telat gara-gara kesandung es dari ice claw yang jalan trus jadi slow = FAIL.
- Gunakan Havoc Howl hanya untuk RDB dan bisa di spam ketika masuk phase 5.
- Skill ring bomb + circle swing + gigantic bomb ( ulti instant damage ) hanya untuk bebasin ice age. Spam skill di atas hanya untuk damage naga = FAIL.
- Segera lari ke arah main tank apabila naga mengeluarkan tanda-tanda ice age ( biasanya party normal memakai solo tanker ) dan segera bebasin ice age-nya karena itu merupakan tanggung jawab merce. Kalau yang belakang teriak-teriak kena ice age berarti hitternya yg kena, segera putar badan dan langkah seribu bebasin hitternya.
- DILEMA : MT kena ice age, lagi lari naganya cast blur mau RDB. Keputusan? tetap bebasin MT karena party tanpa MT naganya kelayapan, uda itu doa yang banyak ga mati kena RDB. Lu doang mati gpp, tp siap2 disalahin lagi gara-gara ga havoc howl pas RDB. Nasibmu nak...
- Purple rain larinya kecepetan motong jalur larinya member yang lain, disalahin lg kl ada yg mati ( nasibmu nak... ). Usahakan tidak memotong jalur lari orang lain, merce di SDN jualan servis jadi layani hitter dan MTnya dengan baik.
Priest :
- Cure relic di ekor ketika blur RDB ON/ homing ice dari ice claw berdampak massal slownya.
- Summon lightning relic di posisi depan hitter untuk sembunyi dari ice age.
- Simpan holy burst untuk bantu bebasin ice age + skill special manticore gravity ball.
- Tendangan kungfu ( klik kanan ) kalau ice age ga pecah-pecah sampe kelar.
- Kalau priest ada 2, bisa bagi tugas 1 temanin main tank apabila solo tanker. Bantu summon relic untuk blok ice age dan heal MT. Priest yang lainnya temani hitter.
- Pakai blok bila perlu ketika Purple rain, sehingga tidak makan jalur member yang lain.
Hitter :
- Jangan mati dan hit setelah aggro benar-benar ke MT.
- Ice age sembunyi di belakang relic dan relic segaris dengan kepala naga di layar ( kasi jarak 2-3 meter dengan relic ).
- Setting macro " HELP GW KENA ICE AGE" biar bisa dibaca jelas lu ngapain help help.
- Selalu upgrade damage tiap run ( kalau bisa ).
- Selalu belajar dan bertanya dari kesalahan tiap run.
Cooldown Booster :
- Tempelin hitternya, pastikan hitternya dapat buff cooldown.
- Kalau ice age, jauhin hitter bentar tunggu ice age kelar. Kalau hitter kena, segera bebasin.
- Hit kalau memungkinkan ( tidak berkewajiban ).
Penumpang Gelap :
- Jangan mati.
- Bantu-bantu bebasin ice age ( biar keliatan guna ).
- Sering-sering joke di party biar ga garing.
Gimana? udah ada bayangan kan buat main SDN, aslinya gampang kok mainnya kalo kalian mengerti stage, gua aja dah tembus hardcore :D
Ty gan, ^_^ jelas bgt nih, klo boleh minta buildnya GDN juga dong,
BalasHapus